Doa Sholat Hajat

tata cara sholat hajat yakni shalat sunnat yg di lakukan karena adanya kemauan atau hajat yg teramat utama. Shalat sunnat hajat ini dilaksanakan biar apa yg dibutuhkan oleh kita serentak di kabulkan oleh ALLAH SWT.
Hukum mengerjakan Shalat Hajat
Hukum mengerjakan shalat sunnat hajat ialah sunnat Mu’akkad, maksudnya yakni sunnat yg amat dianjurkan utk dikerjakan bagi orang yg membutuhkannya. Seperti yg sudah dijelaskan didalam firman Allah SWT yg artinya juga sebagai berikut :

“Wahai beberapa orang yg beriman mohonlah bantuan(pada ALLAH) bersama sabar & sholat, lantaran sesungguhnya Allah bersama-sama bersama orang yg sabar (QS. Al Baqarah : 153)

Pula dalam firman – Nya dalam surat Yusuf ayat 87 yg artinya juga sebagai berikut :

“Dan jangan kalian berputus asa dari rahmat Allah, dikarenakan sesungguhnya tak ada yg berputus asa dari rahmat Allah, kecuali beberapa orang kafir”
baca serta doa sholat hajat

Di dalam hadist yg sudah di riwayatkan oleh Imam Turmudzi & Ibnu Majah dari Abdullah Badan Intelijen Negara Abi Auf r.a serta menerangkan, bahwa Rasull SAW serta sudah bersabda yg artinya yang merupakan berikut :
baca juga contoh pidato
“Barang siapa yg memiliki hajat (keperluan) terhadap Allah atau pada salah satu orang dari anak Adam, hendaklah dirinya berwudhu & menyempurnakan wudhunya, dulu shalat dua rakaat, setelah itu hendaklah dirinya mengucapkan pujian terhadap Allah & mengucapkan shalawat terhadap Nabi SAW, & selanjutnya hendaklah berdoa.

Keutamaan Shalat Hajat bacaan shalat hajat
Seperti terhadap shalat shalat sunnat yang lain, shalat sunnat hajat nyatanya pula mempunyai keutamaan yg gede. Keutamaannya adalah bagi orang yg senantiasa memulai perbuatannya yg baik bersama mengerjakan shalat sunnat hajat apalagi dulu sehingga beliau bakal mendapat balasan yg teramat gede, yakni surge nya Allah SWT

Seperti yg sudah diterangkan di dalam Hadist Nabi SAW, yg artinya ebaga berikut :

“…Bahwa Nabi SAW sempat berbicara pada Bilal, setelah mengerjakan shalat Shubuh sama seperti berikut :
“Wahai Bilal, ceritakanlah kepadaku amalan yg engkau kerjakan dalam Islam yg penuh dgn pengharapan sebab saya mendengar nada sandalmu di depanku di syurga”. Bilal menjawab tak sempat saya melaksanakan satu buah aksi yg aku harapkan kebaikannya, melainkan tentu saya bersuci dulu, baik saatnya tengah malam hri atau siang hri. Setelah saya bersuci saya laksanakan shalat banyaknya yg akan kulakukan”. (HR. Imam Bukhari & Muslim)

Manfaat Shalat Hajat
Manfaat dari shalat hajat yaitu utk meminta terhadap Allah supaya apa yg kita inginkan atau apa yg kita hajatkan itu serta-merta dikabulkan Oleh-Nya atau menyingkirkan segala kesusahan yg kita hadapi. Seperti yg sudah terangkan dalam hadist riwayat Imam Turmudzi & Ibnu Majah diatas & hadist yg artinya dibawah ini :

“Bahwa satu orang buta datang terhadap Rasul SAW dulu bicara : “ Wahai Rasul, mohonlah pada Allah biar mataku ini dapat melihat”. Sabdanya : “Atau saya biarkan engkau”. Orang itu berkata : Wahai Rasul, sesungguhnya saya jadi sulit lantaran kehilangan penglihatanku.”. Sabdanya : “Kalau demikian pergilah & berwudhulah, seterusnya shalatlah dua rakaat, dulu berdoalah : “Wahai Tuhanku sesungguhnya saya memohon Kepada-Mu atas nama Nabiku Muhammad SAW, seseorang Nabi yg jadi rahmat.(jelasnya) : “Wahai Muhammad, sesungguhnya saya sudah menghadapkan wajahku terhadap Allah atas namamu supaya Ia mengembalikan penglihatanku”.(Nabi berdoa) : ”Wahi Tuhanku,berilah dirinya bantuan atas namaku jadikanlah saya penolong bagi diriku sendiri”.Orang itu selanjutnya pulang & Allah menjadikan penglihatannya pulih”.

(HR.Imam Turmudzi, Nasa’I,Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah & Imam Hakim, yg bersumber dari Utsman Badan Intelijen Negara Hunaif r.a, tapi dalam riwayat Imam Turmudzi tak dinamakan kata-kata “Kemudian Shalatlah dua rakaat”).

0 Response to "Doa Sholat Hajat"

Posting Komentar