Pengertian Sistem Saraf

Pengertian Sistem Saraf Manusia - Tahukah mengapa kita bakal mencium bau makanan? Kenapa mata kita berkedip disaat terkena debu? Hal-hal ini mampu berjalan dikarenakan di dalam badan kita terdapat suatu sel system yg mengatur & mengendalikan organ badan. System ini dinamakan system koordinasi.

System koordinasi kita terdiri atas system saraf, Indra & hormon. system saraf mempunyai tiga fungsi mutlak merupakan :
Fungsi System Saraf
a. Menerima kabar dalam wujud rangsangan yg berupa perubahan-perubahan yg berjalan di lingkungan kita lewat fasilitas penerima atau reseptor yg terdapat kepada sarana indra.
b. Memproses info yg di terima &
c. Berikan tanggapan atau reaksi pada rangsangan.

baca pun Pengertian system ekskresi manusia beserta penjelasannya

Kita ambil satu sampel. contohnya, kita sedang berada di dapur & menonton Ibu sedang memasak. Bau sedap yg dikeluarkan makanan yakni rangsangan yg di terima oleh reseptor yg terdapat di sarana indra kita (hidung).

Rangsangan itu dipindahkan dari reseptor ke sel saraf. selanjutnya sel saraf mengambil rangsangan tersebut menuju system saraf pusat ialah otak. Rangsangan tersebut diproses jadi satu buah rangsangan respon maka kita akan memastikan bau Makanan apa yg kita rasakan.

Rangsangan bakal dibedakan berdasarkan jenisnya adalah rangsangan mekanis, kimiawi & fisis. Sampel rangsangan mekanis yaitu sentuhan & tekanan. Sampel rangsangan kimiawi yakni rasa manis, asin, pahit, asam & bau. Sample rangsangan fisis yakni cahaya & gravitasi.

Menurut asalnya, rangsangan dibedakan jadi dua. Yakni rangsangan dari luar badan. contohnya, nada, cahaya, bau, panas, tekanan. & rangsangan dari dalam badan bisanya lapar haus & nyeri.

Pengertian Sel Saraf
Satuan paling kecil penyusun system saraf yakni sel saraf atau neuron. Satu neuron terdiri atas tubuh sel, saraf dendrit & akson. saksikan gambar di bawah ini :

Pengertian sistem saraf pada manusia, fungsi system saraf, struktur saraf, sel saraf, system saraf kepada manusia system saraf pdf makalah system saraf system saraf ppt, system saraf manusia, pengertian system saraf system saraf pusat

Tubuh sel saraf mengandung inti sel & sitoplasma. Dendrit adalah serabut-serabut pendek yg berupa tonjolan sitoplasma yg bercabang dari tubuh sel saraf. Kepada kebanyakan neuron mempunyai lebih dari satu dendrit yg bercabang-cabang seperti akar dgn wujud & ukuran yg berbeda-beda. Dendrit berfungsi utk menerima rangsangan implus yg datang dari ujung akson neuron lain, selanjutnya infus diboyong menuju ke tubuh sel saraf.

Akson ialah serabut yg panjang & rata-rata tak bercabang. Akson berfungsi utk menyambung impuls dari tubuh sel saraf menuju neuron lain. Akson mengandung benang-benang halus yg dinamakan neurofibil.

Neurofibil dibungkus oleh selaput berwarna putih kekuningan yg dinamakan selubung mielin tersusun atas rangkaian sel Schwann & berfungsi buat mempercepat jalannya impuls. sel Schwann mencetak jaringan yg berfungsi buat sediakan nutrisi bagi akson meringankan regenrasi Akson.

Terhadap jumpa antara selubung meilin yg satu dgn yang lain terdapat sektor akson yg tak terselubungi. Bidang ini dinamakan nodus ranvier yg berfungsi mempercepat pengiriman infus saraf.

Rangsangan yg dipindah oleh neuron dinamakan inpuls. Inpuls terjadi sepanjang neuron dalam satu arah. Dendrit mengambil impuls menuju tubuh sel saraf. Akson mengambil impuls menjauhi tubuh sel saraf akson dari satu buah neuron bakal mengakses dgn dendrit dari neuron lainnya. interaksi antara akson dari satu buah neuron bersama dendrit dari neuron lainnya dinamakan sinapsis.

sel saraf & fungsinya bagian-bagian sel saraf sel saraf terhadap manusia fungsi akson fungsi sel saraf macam macam sel saraf sel saraf neuron sel saraf penghubung


Satu Buah zat kimia yg dinamakan neorotransmiter dilepaskan oleh akson Galileo bahan penting ke dalam celah sinapsis & dipindah utk menyebrangi sudah sinopsis menuju ke dendrit neuron berikutnya. Demikianlah berjalan hantaran impuls dari satu neuron ke neuron lain di dalam badan kita hingga mencapai ruang maksud. sampel zat yakni asetilkolin, transmitter, noradrenalin & seratonin.

Fungsi Sel Saraf
Berdasarkan fungsinya, sel saraf memiliki fungsi yang merupakan berikut :
Di dalam badan kita Terdapat 4 macam sel saraf, yakni sel saraf sensori, sel saraf motor & sel saraf penghubung atau konektor & sel saraf adjustor.

a. Sel saraf sensori yaitu neuron yg berfungsi menghantarkan rangsangan dari reseptor ke saraf pusat.
b. Sel saraf motor & fungsi berfungsi buat menghantarkan rangsangan dari saraf pusat ke efektor.
c. Sel saraf penghubung neuron konektor ialah penghubung antar neuron yg satu bersama yg yang lain.
d. Sel saraf adjustor ialah neuron yg menghubungkan neuron sensori & neuron motor di sumsum tulang belakang.

0 Response to "Pengertian Sistem Saraf"

Posting Komentar