Sistem Saraf Pada Manusia

Pengertian Sistem Saraf Manusia - Tahukah mengapa kita bakal mencium bau makanan? Kenapa mata kita berkedip diwaktu terkena debu? Hal-hal ini mampu berjalan sebab di dalam badan kita terdapat suatu sel system yg mengatur & mengendalikan organ badan. System ini dinamakan system koordinasi.

System koordinasi kita terdiri atas system saraf, Indra & hormon. system saraf mempunyai tiga fungsi penting adalah :
Fungsi System Saraf
a. Menerima kabar dalam wujud rangsangan yg berupa perubahan-perubahan yg berlangsung di lingkungan kita lewat sarana penerima atau reseptor yg terdapat terhadap media indra.
b. Memproses berita yg di terima &
c. Berikan tanggapan atau reaksi pada rangsangan.

baca pula Pengertian system ekskresi manusia beserta penjelasannya

Kita ambil satu sample. contohnya, kita sedang berada di dapur & menyaksikan Ibu sedang memasak. Bau sedap yg dikeluarkan makanan ialah rangsangan yg di terima oleh reseptor yg terdapat di sarana indra kita (hidung).

Rangsangan itu dipindahkan dari reseptor ke sel saraf. seterusnya sel saraf mengambil rangsangan tersebut menuju system saraf pusat yakni otak. Rangsangan tersebut diproses jadi suatu rangsangan respon maka kita akan memastikan bau Makanan apa yg kita rasakan.

Rangsangan akan dibedakan berdasarkan jenisnya ialah rangsangan mekanis, kimiawi & fisis. Sampel rangsangan mekanis yakni sentuhan & tekanan. Sample rangsangan kimiawi merupakan rasa manis, asin, pahit, asam & bau. Sample rangsangan fisis merupakan cahaya & gravitasi.

Menurut asalnya, rangsangan dibedakan jadi dua. Yakni rangsangan dari luar badan. contohnya, nada, cahaya, bau, panas, tekanan. & rangsangan dari dalam badan bisanya lapar haus & nyeri.

Pengertian Sel Saraf
Satuan paling kecil penyusun system saraf merupakan sel saraf atau neuron. Satu neuron terdiri atas tubuh sel, saraf dendrit & akson. perhatikan gambar di bawah ini :

Pengertian sistem saraf pada manusia, fungsi system saraf, struktur saraf, sel saraf, system saraf terhadap manusia system saraf pdf makalah system saraf system saraf ppt, system saraf manusia, pengertian system saraf system saraf pusat

Tubuh sel saraf mengandung inti sel & sitoplasma. Dendrit yakni serabut-serabut pendek yg berupa tonjolan sitoplasma yg bercabang dari tubuh sel saraf. Terhadap rata-rata neuron mempunyai lebih dari satu dendrit yg bercabang-cabang seperti akar dgn wujud & ukuran yg berbeda-beda. Dendrit berfungsi utk menerima rangsangan implus yg datang dari ujung akson neuron lain, seterusnya infus dipindah menuju ke tubuh sel saraf.

Akson yakni serabut yg panjang & rata rata tak bercabang. Akson berfungsi utk menyambung impuls dari tubuh sel saraf menuju neuron lain. Akson mengandung benang-benang halus yg dinamakan neurofibil.

Neurofibil dibungkus oleh selaput berwarna putih kekuningan yg dinamakan selubung mielin tersusun atas rangkaian sel Schwann & berfungsi buat mempercepat jalannya impuls. sel Schwann menempa jaringan yg berfungsi buat sediakan nutrisi bagi akson menunjang regenrasi Akson.

Terhadap jumpa antara selubung meilin yg satu bersama yang lain terdapat sektor akson yg tak terselubungi. Bidang ini dinamakan nodus ranvier yg berfungsi mempercepat pengiriman infus saraf.

Rangsangan yg diboyong oleh neuron dinamakan inpuls. Inpuls berlangsung sepanjang neuron dalam satu arah. Dendrit mengambil impuls menuju tubuh sel saraf. Akson mengambil impuls menjauhi tubuh sel saraf akson dari satu buah neuron bakal membuka dgn dendrit dari neuron lainnya. jalinan antara akson dari sebuah neuron bersama dendrit dari neuron lainnya dinamakan sinapsis.

sel saraf & fungsinya bagian-bagian sel saraf sel saraf terhadap manusia fungsi akson fungsi sel saraf macam macam sel saraf sel saraf neuron sel saraf penghubung


Satu Buah zat kimia yg dinamakan neorotransmiter dilepaskan oleh akson Galileo bahan mutlak ke dalam celah sinapsis & diboyong buat menyebrangi sudah sinopsis menuju ke dendrit neuron berikutnya. Demikianlah berjalan hantaran impuls dari satu neuron ke neuron lain di dalam badan kita hingga mencapai lokasi maksud. sample zat merupakan asetilkolin, transmitter, noradrenalin & seratonin.

Fungsi Sel Saraf
Berdasarkan fungsinya, sel saraf memiliki fungsi yang merupakan berikut :
Di dalam badan kita Terdapat 4 macam sel saraf, adalah sel saraf sensori, sel saraf motor & sel saraf penghubung atau konektor & sel saraf adjustor.

a. Sel saraf sensori yakni neuron yg berfungsi menghantarkan rangsangan dari reseptor ke saraf pusat.
b. Sel saraf motor & fungsi berfungsi utk menghantarkan rangsangan dari saraf pusat ke efektor.
c. Sel saraf penghubung neuron konektor adalah penghubung antar neuron yg satu bersama yg yang lain.
d. Sel saraf adjustor ialah neuron yg menghubungkan neuron sensori & neuron motor di sumsum tulang belakang.

0 Response to "Sistem Saraf Pada Manusia"

Posting Komentar