Pengertian Sistem Operasi dan Fungsinya

Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi – Sistem operasi ialah software yang berfungsi utk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang terhadap komputer sehingga masing-masingnya akan saling berkomunikasi. Dgn cara umum, Pengertian Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh terhadap memori pc pada waktu komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi dapat melaksanakan layanan inti umum utk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. 

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, sebab bakal dilayani dan dilakukan oleh System Operasi. Bagian kode yang melaksanakan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Fungsi Sistem Operasi Komputer – Sistem Operasi berfungsi yg yakni penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. terkecuali itu, Sistem Operasi komputer juga jalankan semua perintah perintah utama dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berlainan fungsinya dapat berjalan tak tersendat bersama kiat bersamaan tanpa kesukaran. Sistem Operasi Pc menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya dapat menggunakan memori, melaksanakan input serta output pada peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Seandainya sekian tidak sedikit aplikasi terjadi bersama trick bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer mampu mengatur jadwal yang sesuai, sehingga sebisa bisa saja semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan saat yang cukup untuk memakai CPU dan tidak saling mengganggu dgn perangkat yang lain.
jenis-jenis sistem operasi komputer  misalnya merupakan Windows, Linux, MacOS, dan lain lain .

Sistem Operasi secara umum terdiri dari sekian banyak bagian :
Mekanisme Boot, ialah meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan juga sebagai inti dari Sistem Operasi.
Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupub piranti lunak lain. Contoh dari Shell yaitu : Command Prompt terhadap Windows XP (DOS kepada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
Driver utk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar darik ekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

Sejarah dan perkembangan Sistem Operasi.

Generasi Awal
Perkembangan awal Sistem Operasi masih dilakukan secara manual dalam artian belum muncul adanya Sistem Operasi yang bersama trick automatis artinya belum beri dukungan layanan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian.
Generasi Kedua
Di generasi ini sudah diperkenalkannya perkejaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian atau biasa disebut dgn Batch Proccessing System.
Generasi Ketiga 
Kepada generasi ke tiga, Sistem Operasi sudah mensupport layanan Multi-User, Multi-Programming dan Batch Proccessing sistem(Multi-Task).
Generasi Keempat 
Di masa ini, sudah diperkenankannya GUI (Graphical User Interface) yang artinya Sistem Operasi memiliki penampakan dan dgn bermodalkan mouse, End-User dapat menjalankan plikasi/program atau piranti lunak.

Generasi Setelah Itu Pada generasi setelah itu diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi, ini yakni sampel satu buah Sistem Operasi berbasikan Web yang berkerja di dalam sebuah Sistem Operasi. dan generasi selanjutnya diperkenalkanlah Sistem Operasi bergerak (Mobile) terhadap perangkat bergerak seperti : PDA, Poket Pc, dan lain sebagainya. Di generasi kemudian diperkenalkan serta teknologi Sistem Operasi jaringan pc yang sifatnya virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya diinstal 1 buah Sistem Operasi pada Perangkat yang bertugas menjadi Server. di luar itu, diperkenalkan serta Cross Platform Operating System yang artinya bakal menggabungkan dua Sistem Operasi berbeda seperti : Linux dan Windows.

Dewasa ini, hampir semua manusia memiliki Pc dan Mobile Pc. Dikarenakan faktor harga yang selalu berubah dan kepentingan manusia akan perangkat otomatis seperti : Pc, maka manusia menjadikan Komputer serta juga sebagai kebutuhan mutlak. Seiring dengan perkembangan tehnologi Komputer juga dibuat ringkas agar dapat dijadikan sbg piranti otomatisasi yang bergerak (Bisa digunakan kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja). Sampel Computer bergerak yaitu : Laptop, Notebook dan Laptop, ke3 piranti tersebut juga memiliki Sistem Operasi sama seperti Pc. dan sekarang ini ini saatnya kita bahas Sistem Operasi yang ada di computer

0 Response to "Pengertian Sistem Operasi dan Fungsinya"

Posting Komentar