Pengertian Modem dan Fungsinya

Pengertian Modem  - Modem adalah perangkat misterius (seperti halnya untuk semua perangkat keras komputer) yang menghubungkan komputer kita ke Internet. Pada artikel ini, kita melihat perangkat ini secara rinci, dimulai dengan apa yang modem komputer dan apa tujuannya, apa "modem" berdiri untuk, dan apa yang bagian-bagiannya.

D-Link Modem Internal Modem mengambil nama dari dua fungsi itu melakukan: mo dulator dan odulator dem, dan ini pada dasarnya adalah tujuan modem. Modem mengubah sinyal analog ke digital dan sinyal digital ke analog.
Mari kita memahami definisi modem ini dengan sebuah contoh: Misalkan komputer Anda membuat permintaan dari sebuah situs web untuk melihat halaman web - sesuatu yang kita lakukan sehari-hari: kita membuka web browser kita dan terhubung ke sebuah website. 

Modem menerima permintaan dalam bentuk digital dari komputer, berubah menjadi sinyal analog (memodulasi itu) sehingga dapat dilakukan melalui kabel telepon dan kemudian mengirimkannya. Ketika permintaan itu menjawab, jawabannya mencapai modem dalam bentuk analog, diubah ke digital (didemodulasi), dan dikirim ke komputer. Konversi sinyal ke / dari analog ke digital adalah tujuan utama dari modem.
Anda mungkin bertanya-tanya mengapa ada redundansi ketika mengkonversi sinyal analog dan digital di komputer dan poin lainnya di Internet. Jawabannya sederhana - saluran telepon tidak dapat membawa sinyal digital dan komputer kita tidak dapat memahami apa pun selain 1 dan 0, sinyal digital. Jadi, harus ada sesuatu yang dapat melakukan konversi ini dan membuat setiap perangkat memahami sinyal.

Bagian-bagian Modem

Karena merupakan perangkat elektronik, ada sirkuit tercetak di dalam modem yang memegang kapasitor, resistor, transistor, amplifier, regulator, kenangan flash, dioda, switch, dan sebagainya. Untuk pandangan yang terlalu teknis sirkuit Anda dapat google sedikit dan menemukan hasil yang sangat berguna (dan mungkin luar biasa). Untuk tujuan pasal ini, kita akan tetap dengan komponen konseptual dasar modem.

US Robotics Modem Eksternal Modem memiliki bagian untuk mengirim dan menerima sinyal (digital dan analog) dan mengkonversikannya ke satu sama lain. Dalam sebuah modem dial-up internal mengirim dan menerima dilakukan dengan sambungan dari saluran telepon dan sinyal dikirim ke komputer melalui koneksi motherboard.

Di modem eksternal, mengirim dan menerima dilakukan lagi oleh koneksi saluran telepon dan sinyal yang dikirim ke komputer melalui port serial atau USB. Di modem broadband (dikenal sebagai modem DSL), komponen mengirim dan menerima adalah sama, namun sinyal dikirim ke komputer melalui Ethernet atau koneksi USB (saya sarankan menggunakan satu dengan koneksi Ethernet). Jika modem dapat mengirim dan menerima data pada saat yang sama, itu disebut "duplex" modem. Jika tidak, hal itu disebut modem "simplex".

Dalam mengolah sinyal, modem memiliki memori flash yang memegang sistem operasi, yang terdiri dari himpunan petunjuk tentang cara untuk memproses sinyal dan mentransfernya ke koneksi - koneksi yang baik koneksi saluran telepon atau koneksi dengan komputer. Karena kita berbicara pada "sistem operasi", ada central processing unit dan memori.

Modulasi dan demodulasi dilakukan oleh bagian yang terpisah - modulator dan demodulator seperti yang Anda duga. Dengan asumsi bahwa paket data yang tiba dan dikirim dari komputer dapat mengandung kesalahan, ada juga modul kontrol kesalahan pada modem.

Softmodems
Softmodems berkembang dari ide sederhana mentransfer tugas hardware dari modem ke sistem operasi komputer. Jadi, modem ini hanya bagian dari hardware yang merupakan prosesor sinyal digital sederhana; modulasi dan demodulasi dilakukan di sisi komputer. Penerapan ide mengurangi biaya modem dengan menggunakan komponen hardware yang kurang. 

Namun, modulasi dan proses demodulasi dilakukan dengan menggunakan sumber daya komputer, sehingga slowdowns kinerja secara keseluruhan. Selain itu, modem mungkin tidak dapat digunakan (seperti yang sering terjadi) dengan sistem operasi lain atau versi lain Windows, karena driver hanya tidak tersedia. 

Apa yang lebih, driver perangkat lunak atau perpustakaan sistem operasi mungkin gagal dan meninggalkan sistem dengan membekukan atau ketidakstabilan, bersama-sama dengan eksploitasi bahagia perangkat lunak dengan orang-orang jahat di Internet. Seorang teman saya sedih mengalami hal ini ketika ia di-download driver untuk softmodem nya dari Internet, yang, pada kenyataannya, diubah mengandung virus.

Wireless Modem, Modem Mobile (modem GSM, modem USB 3G)
Motorola IM 1100 Laptop Wireless Modem Teknologi kemarin adalah untuk mengirim dan menerima analog dan digital sinyal dalam bentuk terkompresi, baik pada modem dan sisi Internet Service Provider, untuk meningkatkan kecepatan. Teknologi saat ini menghubungkan ke Internet dari titik akses nirkabel dan dari perangkat mobile. Modem nirkabel bisa bersama-sama dengan router atau satu perangkat yang dapat memiliki modem dan router fungsi. 

Perangkat nirkabel modern juga memiliki kemampuan koneksi-sharing. Itu berarti, modem wireless / router pada desktop Anda memungkinkan Anda berbagi koneksi Internet Anda dengan anggota keluarga Anda. Sebuah modem nirkabel (seperti yang Anda lihat di sebelah kiri) dapat membuat sambungan nirkabel dengan komputer lain, mengingat bahwa komputer lain juga memiliki modem nirkabel (dengan cara, ini disebut jaringan ad-hoc. Jika Anda menyukai ide itu, Anda dapat melihat bagaimana Anda dapat mengatur jaringan ad-hoc menggunakan Windows XP atau Windows 7 .)

Modem seluler (juga disebut modem GSM) yang sederhana dan fungsi dasar adalah sama, mereka memberikan Anda koneksi broadband, yang mobile. Kebanyakan modem GSM umum adalah modem 3G di Eropa dan baru-baru modem 4G di Amerika Serikat. 3G USB modem adalah jenis modem GSM yang paling umum Anda dapat melihat saat ini dan mereka sangat murah untuk memiliki (terutama dengan kontrak dari operator nirkabel Anda.)

 Seperti namanya, modem USB 3G yang terhubung ke komputer melalui USB antarmuka dan berisi kartu SIM , yang menghubungkan modem GSM ke jaringan GSM. Karena ini hi-tech 3G USB modem pada dasarnya "modem", mereka memodulasi dan demodulasi sinyal komputer, tapi kali ini tidak lebih dari saluran telepon konvensional, tetapi atas garis nirkabel modern.

Kesimpulan
Tujuan utama dan Fungsi modem adalah mengubah analog dan digital sinyal ke / dari satu sama lain. Ada dapat fungsi tambahan seperti yang kita baru saja dijelaskan di atas atau mengirim / menerima kecepatan dapat ditingkatkan, seperti dalam kasus modem broadband

0 Response to "Pengertian Modem dan Fungsinya"

Posting Komentar